Teknologi

Kamera Smartphone sebagai pengganti webcam dengan Droidcam Linux

Kamera Smartphone sebagai pengganti webcam dengan Droidcam Linux

Masa pandemi, sangat sering kita mengikuti atau mengadakan kegiatan secara online baik menggunakan platform zoom, google meet, atau aplikasi lokal seperti umeetme. Namun kadang kala, perangkat webcam tidak selalu tersedia atau kalaupun ada, secara kualitas tampilan tidak begitu bagus. Menariknya, kita tidak perlu membeli webcam dengan harga yang cukup mahal atau menyediakan fasilitas kamera digital. Salah satu aplikasi seperti droidcam dapat menengahi ini. Yang saya suka dari droidcam adalah dapat berjalan multi platform baik di windows atau linux.

Dalam tulisan ini, saya menggunakan Linux Ubuntu based versi 18.04 dan perangkat smartphone Xiaomi Redmi 8 yang sudah terinstall aplikasi droidcam. Droidcam sendiri menyediakan 2 versi pada android, yaitu droidcam dan droidcam X pro. Sebenarnya menggunakan droidcam versi free sudah cukup, namun jika memerlukan fitur HD, auto fokus, dsb membeli droidcam X secara harga cukup kompetitif, terakhir saya berlangganan hanya 50rb sekali bayar. Namun sangat disarankan menggunakan versi gratis terlebih dahulu, jika cocok bisa menggunakan versi pro.

Di linux ada beberapa fitur droidcam pro yang sudah aktif, sehingga jika sudah mencukupi kebutuhan, anda tidak perlu upgrade ke versi Droidcam X pro.

Droidcam client Linux

Instalasi Droidcam di Linux

Hanya versi 64 bit yang tersedia, sehingga jika sistem operasi linux anda menggunakan 32-bit perlu melakukan prosedur berbeda. Proses instalasi mengikuti beberapa langkah berikut :

$ cd /tmp/
$ wget -O droidcam_latest.zip https://files.dev47apps.net/linux/droidcam_1.7.1.zip
$ unzip droidcam_latest.zip -d droidcam
$ cd droidcam && sudo ./install-client

Setelah proses instalasi selesai, untuk konfigurasi video ada beberapa package yang perlu anda install.

$ sudo apt install linux-headers-`uname -r` gcc make mokutil

Setelah proses instalasi paket selesai, langkah terakhir adalah menjalankan eksekusi file.

$ sudo ./install-video

Instalasi Android Debug Bridge dan Aktifkan developer mode android pada smartphone

Android Debug Bridge (adb) adalah command line tools serbaguna yang digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat. Perintah adb memfasilitasi berbagai tindakan di perangkat, seperti menginstal dan proses debug aplikasi, dan memberikan akses ke shell Unix yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan berbagai perintah pada perangkat. Proses instalasinya sebenarnya juga sudah cukup mudah, dengan menjalankan perintah berikut di terminal:

$ sudo apt-get install adb

Setelah menginstal package adb, anda hanya tinggal mengaktifkan USB Debugging mode pada perangkat smartphone, biasa di sebut dengan developer mode. Untuk metode pengaktifannya setiap perangkat berbeda, dalam tulisan ini, saya mencontohkan menggunakan Xiaomi MIUI 12. Kebetulan sudah ada yang menuliskan artikelnya di de-tekno.com . Intinya untuk menjadi developer mode cukup mencari setting →About phone, lalu klik beberapa kali pada bagian MIUI version (tepat diatas tulisan android version), sampai muncul tulisan anda seperti gambar dibawah.

Droidcam client Linux

Ujicoba Droidcam

Setelah melakukan beberapa tahapan diatas, anda dapat menjalankan aplikasi droidcam baik di smartphone atau di Linux. Pada tampilan android, anda akan mendapatkan informasi IP pada halaman dashboard. Untuk memilih kamera depan atau belakang yang digunakan, klik logo monitor pada pojok kanan atas.

Kemudian pada aplikasi droidcam di linux, bisa memilih USB (android), lalu klik tombol Connect. Berbeda dengan aplikasi droidcam di windows yang memiliki preview, di linux anda dapat melakukan ujicoba dengan mengakses salah satu aplikasi video meeting. Disini saya lebih prefer menggunakan google meet.

Droidcam client Linux

Beberapa fitur tambahan seperti auto-focus, zoom in dan out, flip dapat aja ujicoba terlebih dahulu.

Kesimpulan

Droidcam dapat digunakan tidak hanya dengan koneksi USB tapi juga bisa menggunakan wifi jika perangkat anda berada dalam 1 jaringan. Dalam tulisan ini, saya menggunakan audio terpisah melalui laptop / PC, sehingga audio pada droidcam tidak saya aktifkan. Perihal stabilitas, dalam percobaan saya, penggunaan di linux dengan USB jauh lebih stabil dari pada di windows 10.

Sejauh ini masih dalam proses ujicoba, jika ada hal-hal lain, akan saya update kemudian.

Troubleshooting

Di linux anda akan menemukan problem ketika melakukan proses upgrade kernel atau upgrade package operating sistem. Dari pengalaman penulis, linux akan menampilkan error message terkait v4l2loopback. Solusi yang saya lakukan sejauh ini adalah melakukan proses uninstall dan install kembali aplikasi droidcam di linux. Untuk proses uninstall gunakan perintah berikut :

sudo /opt/droidcam-uninstall

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *