Live Streaming Google Meet
Teknologi

Layanan Live Streaming Google Meet melalui Google Workspaces Education

Jika di institusi kampus anda menggunakan layanan google workspaces education, umumnya terdapat beberapa tipe lisensi yaitu education fundamentals, education standard, teaching & learning upgrade, dan education plus. selengkapnya untuk melihat komparasinya anda dapat menuju halaman support google workspaces
Kebetulan kampus akakom menggunakan lisensi education fundamentals. Layanan ini tidak tersedia secara default, namun dapat menggunakan fase trial teaching & learning upgrade selama 60 hari tanpa berbayar. Jika ingin menggunakan selain trial, ada beberapa pilihan, misalkan memilih pembayaran per akun yang digunakan per bulan atau ada model lain dengan model volume jumlah akun. Biayanya cukup kompetitif, per akun, per bulan (saat ini masih diskon) kisaran sekitar 2 USD. Untuk mengaktifkan penggunaan teaching & learning update, anda bisa mengontak admin dari google workspaces institusi.

Menggunakan Google Meet live streaming

Langkah awal jika anda ingin menggunakan fitur ini dapat mengunjungi halaman meet.google.com , kemudian klik Rapat Baru, pilih jadwalkan di google kalender.

 

Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman kalender google untuk melakukan penjadwalan kelas atau rapat. Secara umum hampir sama dengan mengisi kalender google biasa, namun ada sedikit tambahan, yaitu menu live streaming.

Tambahkan live streaming google meet
Tambahkan live streaming google meet melalui kalender

Setelah menambahkan live streaming, anda akan mendapatkan tambahan informasi tentang link untuk streaming online.

Link Live streaming Google Meet
Link Live streaming Google Meet

Link live stream dapat dibagikan ke peserta kelas atau peserta kegiatan. Kemudian untuk proses administrasi, anda dapat login ke google meet, dan sudah terdapat panel streaming.

Memulai streaming dari sisi pemateri melalui link google meet
Memulai streaming dari sisi pemateri melalui link google meet

Seperti yang sudah disampaikan diatas, dari sisi pemateri, dapat mengakses melalui link google meet. Dari sini, setelah anda klik Buka panel streaming, kemudian klik Mulai streaming, akan mendapatkan tampilan seperti berikut :

live streaming dari sisi pemateri
live streaming dari sisi pemateri

Dari sini, anda juga dapat menjalankan fungsi record jika ingin direkam. Fitur lain yang dapat anda akses adalah polling, kerja kelompok, dan tanya jawab. Anda bisa melihat secara keseluruhan dengan klik logo didalam lingkaran, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Fitur google meet teaching upgrade google workspaces
Fitur google meet teaching upgrade google workspaces

Namun, perlu dipahami bahwa fitur diatas hanya aktif digunakan peserta ketika seluruh peserta mengakses link google meet (bukan live stream). Jadi live stream, sifatnya hanya untuk melakukan broadcast saja, jika anda ingin peserta hanya dapat menonton.

Untuk peserta yang mendapatkan link live stream akan terlihat seperti berikut:

Live stream google meet dari sisi penonton atau peserta
Live stream google meet dari sisi penonton atau peserta

Untuk menghentikan mode live streaming dapat klik titik tiga, lalu pilih hentikan streaming.

Menghentikan live streaming
Menghentikan live streaming

Untuk fitur lain seperti kehadiran dan fitur aktivitas, jika ada waktu akan saya bahas kemudian. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *