Teknologi

Menggunakan Lampu LED Smart dan Lampu Tenaga Surya

Menggunakan Lampu LED Smart dan Lampu Tenaga Surya

Sebenarnya belum melakukan perhitungan secara rinci, apakah dengan mengganti seluruh lampu LED biasa dengan LED Smart dan Tenaga Surya secara perhitungan keuangan beneran menghemat listrik atau tidak. Saya lebih memilih menggunakan beberapa opsi penggunaan lampu untuk minimal 1 tahun, dan melihat bagaimana impact-nya dengan pengeluaran biaya listrik kedepan.

Hal pertama yang saya pikirkan adalah mencoba mengganti lampu LED dengan beberapa fitur misalkan smart lamp atau lampu yang memiliki fitur sensor gerak atau bisa juga lampu dg tenaga surya. Hal yang pertama saya ujicoba adalah menggunakan lampu smart brand Bardi yang kebetulan beberapa waktu lalu sempat diskon di salah satu marketplace. Kemudahannya adalah lampu ini bisa diakses melalui WiFi dan kita dapat atur otomisasi misalkan atur lumens, waktu menyala, atau berdasarkan cuaca. Dengan kemudahan ini tentunya saya tidak perlu repot-repot menghidupkan lampu ketika saya tidak dirumah. Mengenai harga, cukup mahal lampu tipe ini, bisa lebih dari 100rb, namun kadang ada promo diskon 50-80% yang bisa kamu manfaatkan di marketplace tertentu.

Salah satu menu otomasi dari Bardi LED Smart

Kemudian untuk beberapa ruangan yang tidak begitu banyak diakses saya menggunakan lampu dengan sensor gerak, misalkan ditempatkan pada ruangan gudang atau kamar mandi. Untuk lampu saya menggunakan merek hannocs, menarik nya sensornya cukup sensitif, dari box lampu ini bisa tahan sampai 10rb jam . Untuk 5w LED harga sekitar 49rb di marketplace.

Untuk luar ruangan, saya mencoba lampu dg tenaga Surya dan juga ada sensor gerak, jadi ketika tidak ada orang, maka lumens atau tingkat kecerahan akan menurun dan lampu hanya menyala jika kondisi gelap. Untuk harga, ini bervariasi mulai 40rb-100rb keatas. Namun kadang kala di marketplace sulit membedakan produk asli atau bukan, sehingga kadang saya beli di official store.

Salah satu menu otomasi dari Bardi LED Smart

Setiap person tentu punya cara sendiri untuk menghemat listrik. Dan menurut saya pengguna lampu-lampu dg fitur khusus ini patut dicoba, karena dari sisi harga juga sudah mulai terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *