Teknologi

Menjalankan game steam windows di Linux

Menjalankan game steam windows di Linux

Steam merupakan gaming platform yang dikeluarkan oleh valve. Dengan adanya steam ini, mulai banyak game-game yang berjalan di platform Linux dan Mac. Baik beberapa game indie ataupun game yang mainstream seperti final fantasy. Tapi tidak bisa dipungkiri, windows tetap menjadi platform yang paling banyak didukung oleh game termasuk steam.

Valve kemudian mengembangkan project proton agar game steam yang running di windows, dapat pula berjalan di Linux. Proton dapat terintegrasi dengan Steam Play untuk membuat bermain game Windows di Linux semudah menekan tombol Play di dalam Steam. Proton terdiri dari Wine dan DXVK dan beberapa library lain yang perlu dipersiapkan oleh user. Proton masih dalam tahap awal sehingga dukungannya tidak konsisten, tetapi terus meningkat. Untuk melihat database yang berjalan baik di Linux, bisa merujuk ke web protondb.com. Selain itu, penggunaan GPU juga sudah di support oleh vulkan project.

Dalam tutorial ini, penulis menggunakan aplikasi lutris yang didalamnya sudah terdapat winesteam dan proton. Sebelumnya, persiapkan terlebih dahulu aplikasi lutris sudah terinstal di sistem linux anda. Dalam tutorial ini menggunakan Elementary OS Hera 5.1 atau Ubuntu 18.04. Untuk proses instalasi lutris bisa melihat tutorial lutris yang saya tulis sebelumnya.

Instalasi winesteam runners

Instalasi winesteam runners di lutris dapat anda lakukan dengan klik logo gerigi yang terletak disebelah kanan label runners kiri atas. Setelah anda klik, scroll kebawah dan temukan winesteam, lalu klik tombol berwarna biru untuk proses instalasi.

Instalasi winesteam runners.

Setelah runners terinstall, anda dapat closed window diatas, dan pada panel kiri anda sudah ada label wine steam. Cara termudah anda tinggal klik tombol play pada wine steam, login, dan anda sudah bisa mengakses dashboard dari halaman steam.

Instalasi winesteam runners.

Untuk proses instalasi game, bisa langsung memilih dari library yang dimiliki atau instalasi game baru dari steam yang gratis (free to play), seperti game fantasy strike.

Instalasi winesteam runners.

Setelah selesai, kamu dapat import games dari wine steam dengan klik tanda + pada pojok kiri atas. Tujuan import adalah untuk memasukkan game yang sudah anda install ke dalam list lutris. Setelah masuk dalam list, anda tinggal klik game tersebut, dan klik kanan play. Happy Gaming :).

Instalasi winesteam runners.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *