Transfer data email dan google drive pada layanan google workspace

Pada panduan ini menggunakan contoh kasus migrasi dari domain berbeda, namun masih menggunakan infrastruktur google workspace. Tujuan dari panduan ini untuk memudahkan pengguna email akakom.ac.id migrasi ke email utdi.ac.id.

Langkah Pertama

Sebagai langkah awal, anda perlu masuk ke akun email @akakom.ac.id atau untuk mahasiswa @students.akakom.ac.id. Setelah anda masuk, dapat menuju ke menu account management.

Setelah masuk anda akan mendapat pilihan untuk melakukan transfer data. Transfer data yang dimaksud adalah melakukan proses transfer email dan google drive. Jika anda memiliki channel dengan email tersebut, bisa saja menggunakan mekanisme berbeda.

Langkah kedua

Langkah selanjutnya, anda perlu memasukkan alamat email yang menjadi tujuan untuk migrasi. Dalam kasus ini saya melakukan migrasi dari email @akakom.ac.id ke @utdi.ac.id sehingga yang saya inputkan adalah alamat email terbaru yang diberikan oleh institusi.

Setelah anda klik tombol KIRIM KODE, kode akan dikirimkan ke email yang menjadi tujuan migrasi, jadi silahkan login ke email tersebut.

Setelah anda membuat email, anda akan mendapati email baru dengan isi konten kurang lebih seperti gambar diatas. Selanjutnya anda cukup klik DAPATKAN KODE KONFIRMASI. maka anda akan mendapatkan informasi langkah selanjutnya, yaitu menuju ke halaman berisi kode transfer (lihat gambar dibawah). Sampai disini, silahkan copy kode yang tertera.

Langkah Ketiga

Setelah proses seperti gambar diatas, anda dapat klik tombol LANJUTKAN. Pada langkah ini, anda akan mendapati halaman sama dengan langkah pertama, disini anda dapat melakukan paste kode yang sudah anda copy, lalu klik tombol VERIFIKASI, seperti gambar dibawah ini

Pada langkah selanjutnya, anda akan mendapatkan halaman yang memberikan detil proses migrasi, terkait akun email yang akan dimigrasi, tujuan akun migrasi, dan jenis layanan yg bisa dimigrasi (gmail dan google drive). Kemudian klik tombol MULAI TRANSFER.

Ketika tahapan ini, anda akan diminta untuk login kembali ke akun yang akan dimigrasikan, silahkan login.

Setelah anda klik tombol BERIKUTNYA. anda akan mendapatkan informasi bahwa proses migrasi anda sedang dalam proses. Proses migrasi tertulis memerlukan waktu 1 minggu atau tergantung berapa besar dari data yang akan dimigrasikan (lihat gambar dibawah)

Untuk tahapan selanjutnya, anda cukup menunggu email notifikasi terkait proses migrasi, karena informasi tersebut akan anda peroleh melalui email.